Nama sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Indikator :
- Mengidentifikasi kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
- Mengklasifikasikan kelompok-kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
- Mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial.
- Mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- mendeskripsikan pengertian kelompok sosial.
- mengidentifikasi tipe-tipe kelompok sosial
- mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial
- mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
- Kelompok sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan
| ||
2. | Kegiatan Inti
| ||
3. | Kegiatan Akhir
|
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan
| ||
2. | Kegiatan Inti
| ||
3. | Kegiatan Akhir
|
Pertemuan III
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluan
| ||
2. | Kegiatan Inti
| ||
3. | Kegiatan Akhir
|
- E. Sumber pembelajaran:
- Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 136-156.
- Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
- Mediamassaseperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
- Media
- Papan tulis
- Alat-alat tulis
- Lembar soal
- Transparan Konsep
- Power Point
- OHP
- Penilaian
- Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
- Tugas laporan wawancara siswa.
- Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 153-156.
- Diskusi kelompok dalam buku halaman 140 dan 152-153.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
|
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
- Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
- Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
- Pemikiran 6—8 = Cukup
- Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
- Keberanian tampil
Mengetahui: Palembang, _____________
_____________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
0 komentar:
Posting Komentar