v STANDART KOMPETENSI
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
v KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
v INDIKATOR
1. Mendeskripsikan pengertian nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.
2. Mendeskripsikan perbedaan nilai dan norma.
3. Mengidentifikasi contoh pelanggaran nilai dan norma dalam masyarakat.
v TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa diharapkan dapat mendeskripsikan pengertian nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.
2. Siswa diharapkan dapat mendeskripsikan perbedaan nilai dan norma.
3. Siswa diharapkan dapat mengidentifikasi contoh pelanggaran nilai dan norma dalam masyarakat.
v MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian nilai dan norma di dalam masyarakat.
2. Perbedaan nilai dan norma di dalam masyarakat.
3. Contoh pelanggaran nilai dan norma di dalam masyarakat.
v METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi.
2. Kerja Mandiri.
3. Diskusi.
v KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan I
v Pendahuluan
1) Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi. Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan nilai sosial.
2) Memotivasi
Guru memberi penjelasan tentang tujuan mempelajari nilai sosial.
3) Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai.
v Kegiatan Inti
1) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian nilai sosial, perbedaan dan contoh pelanggarannya.
2) Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus menyontek awal menjadi seorang koruptor.
3) Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas.
4) Guru membuat kesimpulan hasil diskusi.
v Kegiatan Akhir
1) Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang pengertian nilai sosial, perbedaan dan contoh pelanggarannya dan siswa mencatat beberapa hal yang penting tentang nilai sosial.
2) Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
3) Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat tulisan atau seleberan yang berisi ajakan untuk mengatasi pelanggaran nilai sosial.
2. Pertemuan II
v Pendahuluan
1) Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, dan menanyakan tentang norma sosial.
2) Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mempelajari \norma sosial di dalam masyarakat.
v Kegiatan Inti
1) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang norma sosial dalam masyarakat.
2) Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang didapat di dalam surat kabar atau majalah.
3) Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
4) Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
5) Siswa mengerjakan tugas ”Uji Kompetensi” pada buku halaman 40. Kemudian mengumpulkannya kepada guru untuk dinilai.
v Kegiatan Akhir
1) Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman norma sosial dalam masyarakat.
2) Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
3) Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mewawancarai pengurus RT atau RW tentang aturan-aturan yang ada dalam masyarakat sebagai bagian dari norma sosial.
v SUMBER PELAJARAN
1. Buku Sosiologi SMA kelas X.
2. Keluarga, masyarakat, dan sekolah..
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
v MEDIA PEMBELAJARAN
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
v PENILAIAN
1. Mengerjakan latihan Uji Kompetensi.
2. Penilaian Tugas
Contoh format penilaian tugas!
No | Nama Siswa | Kesesuaian materi dengan tugas | Ide/komentar | Kerapian/Tampilan | Jumlah Nilai |
1 | | | | | |
2 | | | | | |
dst. | | | | | |
3. Penilaian diskusi
4. LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik èSkor 1 24—30 è Sangat Baik
B. Kurang Baik èSkor 2 18—23 èBaik
C. Cukup Baik èSkor 3 12—17 è Cukup
D. Baik èSkor 4 6—11 è Kurang
E. Sangat Baik èSkor 5
5. FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
6. Test pilihan ganda dan uraian halaman 40
Mengetahui: PATI,
Kepala Sekolah SMA Bidang studi
Suparno Hadi Dwi Indah Novilayati
NIP. NIP.3401409006
0 komentar:
Posting Komentar